Pentingnya Adab dan Akhlak dalam WhatApps

Adab dan Akhlak adalah cerminan baiknya ke Islaman seseorang. Begitupun akhlak dan adab yang baik ketika melakukan posting di media sosial WhatsApp.

Beberapa kita temui orang-orang yang menjadikan WA sebagai media dakwahnya tanpa memperdulikan adabnya dan tidak mengutamakan akhlaknya dalam memposting tulisan, gambar, dan videonya. Berikut beberapa adab yang sering tidak diperhatikan oleh orang dalam postingan di WhatApp :

  1. Ia tidak memahami sedang berada di grup WA apa.
  2. Tidak menghormati admin dan tujuan dibentuk grup WA tersebut, dengan cara tidak mematuhi peraturan di grup tersebut.
  3. Tidak memikirkan manfaat dari postingannya buat anggota grup. Kalau semua anggota grup berada di Jakarta, buat apa posting acara di hari kerja di Palembang , misalnya. Kalau memang itu dikhususkan bagi sebagian orang di dalam grup tersebut, buat grup sendiri biar lebih fokus. Mudah sekali membuat grup WA dan tidak butuh biaya tambahan.
  4. Suka OOT (Out of Topic). Anggota grup sedang memperbincangkan sesuatu hal, tiba-tiba di sisipi dengan informasi diluar hal tersebut.
  5. Melakukan timpa-menimpa informasi karena ketidak sukaan terhadap sesuatu informasi. Bilang langsung secara japri kalau memang ada yang tidak anda sukai.
  6. Gambar/Video yang tidak ada penjelasan/judul mengenai gambar/video tersebut.
  7. Forward sesuatu yang isinya tidak jelas , cuma forward saja informasi tersebut, tanpa tahu tentang isinya.